Sabtu, 18 Maret 2017

Alat Pembersih untuk Kamera dan Lensa



Jangan pernah gunakan alat pembersih untuk kamera dan lensa yang tidak di peruntukan khusus untuk kamera. Untuk perawatan kamera dan lensa, Anda baiknya memerlukan alat berikut beserta penjelesannya:
  • Blower 

Blower Untuk Kamera dan Lensa
Hindari untuk meniup perangkat fotografİ anda dengan mulut karena uap air yang dikandung pada tiupan Anda bisa memicu jamur dan karat. Gunakan blower untuk meniup debu atau serat pada permukaan alat.

Lenspen 

alat pembersih
Lenspen 

 

Alat berbentuk pulpen ini terdiri dari kuas dan permukaan pembersih, praktis tetapi sangat efektif dan aman. Ujung pembersihnya terbuat dari bahan karbon yang dirancang khusus unluk tidak menimbulkan gesekan yang membahayakan lensa.

Kertas Tisu Lensa 

Kertas Tisu Lensa

 

Kertas tisu khusus sekali pakai ini efektif dipakai, untuk membersihkan lensa dari kotoran yang beksifat cair Cocok digunakan apabila terdapat bekas minyak atau basah pada lensa atau filter.

Baca Juga : Jenis-Jenis Camera Digital

Lap Pembersih Kamera dan Lensa
alat pembersih
Lap Pembersih Kamera dan Lensa

Anda bisa menggunakan lap untuk membersihkan body kamera dan lehsa, tetapi bukan pada bagian opti/kacanya.

Karet Penghapus 

karet penghapus
Karet Penghapus

 

Terkadang pada batere tertutup karat atau minyak anda bisa menggunakan penghapus untuk membersihkan bagian kontak batere. Bahan ini tidak terlalu keras seperti amplas tetapi cukup efektif untuk membersihkan kontak




Penyimpanan Perangkat Fotografi



Musuh utama kamera dan Lensa adalah kelembapan. Uap air yang dikandung udara bisa menimbulkan munculnya Jamur dan karat. Untuk itu, simpanlah peralatan Anda pada tempat tertutup, dan tambahkan silika gel untuk menyerap uap air dari udara.

Banyak toko menjual Drybox yang dibuat khusus untuk keperluan penyimpanan ini tetapi. harganya cukup mahal Jika perlu menghemat budget anda bisa menggunakan plastic container (semacam tupperware) yang rapat dan menambahkan penyerap kelembapan "rechargeable" yang bisa anda beli di toko aksesoris foto. Cukup murah di banding dengan membeli dry box

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan kirim komentar atau pertanyaan jangan spam ntar di hapus

Comments system

Disqus Shortname