Jumat, 17 Maret 2017

Mau Beli Kamera Digital ? Berikut Tipsnya


Beli Kamera - Memilih dan membeli kamera yang tepat memang gampang-gampang susah. Gampang karena sebagian besar produk yang beredar memiliki kualitas yang cukup baik, tetapi juga susah untuk menemukan yang akan berjodoh dengan anda. Sering kali fotografer Yang berpindah merek beberapa kali sampai menemukan alat dengan feel yang pas. Brilkut ini tips untuk melakukan pemilihan dan pembelian kamera.  

  • Tetapkan Range Budget

Penetapan range budget berguna untuk menentukan Kelas Kamera yang akan Anda pilih. Sebagai contoh untuk range hingga 2 Juta kamera saku, untuk 5-6 Juta kamera SLR APS-C entry level dan seterusnya. Jangan lupa untuk juga menyediakan Sisa budget untuk pembelian lensa (kalau Anda memilih kamera tanpa lensa kit) dan peralatan penunjang seperti memory card, tas kamera, dan perlengkapan Iain.
  • Pilih Minimal 3 Produk/Seri untuk Komparasi

Setelah menentukan budget/ buka website toko yang menjual kamera secara online, dan pilih minimal 3 seri untuk dibandingkan. Usahakan untuk memilih produk dari produsen besar. Selain kualitas yang lebih terjamin, garansi dan service produsen besar juga umumnya lebih baik. 

Baca Juga : Kamera Second Tapi Masih Bagus ! Berikut Panduannya
  • Lakukan Riset: Cari Review dan Sample hasilnya di Internet

Ada banyak website yang menyajikan review kamera dengan sangat mendetail. Beberapa di antaranya adalah www.dpreview.com, www.digitalcamerareview.com. dan www.kenrockwell.com. Untuk mencari sample hasilnya, Anda bisa browsing di website fotoblog semacam www.flickr.com atau website lokal www.fotografer.net dan www.ayofoto.com.
  •  Cobalah “Feel”dariMerk/Seri yang Anda Incar

Step ini penting, tetapi banyak yang melewatkan. Setiap merk ‘memiliki Feel” yang berbeda. Sebagai contoh, antara Canon 7 D, Nikon D7000, dan Pentax k5, mungkin memiliki fitur yang hampir mirip. Tetapi dengan penempatan tombol dan susunan menu yang berbeda, maka handlingnya pun berbeda. Dari segi kinerja dan warna, setiap merk juga memberikan hasil yang khas.
Untuk mengenali “Feel”dari merk dan seri yang Anda incar, carilah referensi dengan mencoba merk yang sama dengan seri yang mendekati (semisal Canon 40D dengan 50D/ Nikon D3000 dan D3100) yang mungkin dimiliki teman-teman Anda.
  • Memilih Lokasi Pembelian

Tanpa bermaksud menjatuhkan pihak tertentu, akan lebih tepat kalau Anda melakukan pembelian di toko dengan reputasi bagus. Selain menjual barang dengan paket dan garansi lengkap, toko seperti ini Unumnya mempekerjakan Sales yang cukup mengetahui seluk beluk fotografi.Belakangan ini banyak muncul iklan penjualan barang barang elektronik di internet yang merupakan penipuan Ciri-cirinya adalah harga yang murahnya tidak maşuk akal mengaku berlokasi di luar kota, dan tidak mau betemu langsung. Beberapa penipu memancing korban di situs jual beli forum diskusi dan ada juga yang menggunakan akun facebook. Untuk itu selalu waspada dan berhati-hatilah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan kirim komentar atau pertanyaan jangan spam ntar di hapus

Comments system

Disqus Shortname